Senin, 22 Agustus 2016

Battle of the Drugstore Matte Lip: NABI Long Lasting Lipgloss VSL.A.GIRL Matte Pigment Gloss VS NYX Soft Matte Lip Cream

Hai, karna sekarang liburan semester 4 ku sudah hampir selesai (which is menyedihkan banget!) dan sebenernya sudah dari tahun lalu aku mau membuat review mengenai Lip Matte yang aku punya, tapi males banget ntah kenapa mau ngepost di blog tuh perbawaannya mager terus (dasar si pemalas!!!) Singkat cerita (lebih dari) setahun kemarin aku tertarik dengan salah satu produk yang lagi ngehits banget, yaitu NYX Soft Matte Lip Cream, awalnya aku mengira bahwa NYX belum memiliki konter resmi di Indonesia, jadi aku malas membelinya karna pada saat itu aku sangat takut untuk membeli online apalagi produk kosmetik, jangan macem-macem, taruhannya wajah loh… Tapi sampai pada akhrinya aku menemukan konter NYX dan membeli produk pertama ku dari mereka yaitu NYX Soft Matte Lip Cream shade London. Karena suka sama teksturnya yang lembut dan agak kecewa karna shade London terlalu “coklat” di wajah ku, aku pun kembali ke konter NYX dan membeli shade Stockholm. Aku mulai addict sama makeup dan pengen mencoba produk lain untuk bibir ku, melihat-lihat Instagram akhirnya aku menemukan L.A. GIRL Matte Pigment Gloss, lip matte ini ngehits juga seperti halnya NYX SMLC, dan harganya yang lebih murah menarik hati ku sangat… Namun, di Indonesia belum ada konter resmi L.A. GIRL, dan mengharuskan ku membeli produknya lewat online shop. Aku ga mau sembarang, aku mencari-cari online shop yang sudah cukup besar dan banyak mendapat testimonial bahwa produknya online bukan hanya dari pembeli biasanya saja namun juga dari beauty blogger yang mereview produk mereka. Aku pun akhirnya membeli L.A. GIRL Matte Pigment Gloss shade fleur yang kemudian di susul dengan pembelian shade Bazaar. Sama hal nya dengan L.A. GIRL, NABI Long Lasting Lipgloss ini juga cukup ngehits di kalangan per-makeup-an, sampai akhirnya menarik hati ku dan aku pun membelinya melalui online shop karena di Indonesia belum ada ya konternya, shade yang aku beli adalah Honey.
Setelah pemakaian produk-produk di atas, aku mulai menyadari how similar these products are! Jadi aku pun memutuskan untuk mengadakan battle antara ketiga produk yang aku punya dengan shade yang menurut aku mirip-mirip, yaitu: NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey VS L.A. GIRL Matte Pigment Gloss Shade Fleur VS NYX Soft Matte Lip Cream shade Stockholm. Let’s get started..

  • NYX Soft Matte Lip Cream shade Stockholm

Price: 125.000
Netto: 0,27 fl. Oz. 8 mL
Made in P.R.C.
Ingridients: Isohexadecane, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Disteardimonium Hectorite, Dimethicone, Beeswax/Cera Alba/Cire d’Abeille, Glyceryl Behenate/Eicosadioate, Talc, Cyclopentasiloxane, Propylene Carbonate, Silica, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Dimethicone Crosspolymer, Phenoxyethanol, Flavor/Aroma, Benzyl Alcohol, Benzyl Benzoate, Benzyl Salicylate, Hexyl Cinnamal, Hydroxycitronellal. MAY CONTAIN / PEUT CONTENIR (+/-): Mica, Titanium Dioxide (CI 77891), Iron Oxides (CI 77491, CI 77492, CI 77499), Manganese Violet (CI 77742), Yellow 6 Lake (CI 15985), Yellow 5 Lake (CI 19140), Red 6 (CI 15850), Red 7 (CI 15850), Red 28 Lake (CI 45410).
Where to buy: konter NYX Indonesia, official page NYX Indonesia di Lazada dan beberapa online shop (make sure online shop nya bener-bener trusted jual barang original ya!)
Tekstur: NYX Soft Matte Lip Cream ini teksturnya creamy (ya iyalah namanya aja Lip Cream), wanginya enak seperti coklat atau something mirip-mirp seperti coklat yang membuat aku berfikir bahwa ada cream tertinggal di bibir ku (lebay), dibandingkan dengan dua pembandingnya, SMLC ini ga lengket dan ga glossy sama sekali. Kalau dibandingin sama dua pembandingnya, SMLC ini paling lama keringnya dan paling ga kissproof (di bibir ku ya).
Pigmentasi: aku sebenernya agak kecewa sama shade London karna kurang pigmented di bibir ku, dan ternyata hal itu juga terjadi pada shade stockhlom. Mungkin karena kulit bibir ku pucat jadi kurang pas untuk menggunakan warna nude, tapi hal ini bisa diakali dengan mengaplikasikan 2-3 kali agar pigmentasinya lebih keluar. Jujur aku suka banget sama shade ini karna bikin wajah ku terlihat natural banget. Sampai ada yang bilang “ko kamu pakai lipstik yang warnanya sama kaya bibir kamu?” Jadi pas banget buat sehari-hari. Buat yang suka sama makeup no makeup ini shade pas banget buat kalian. Jika dibandingkan dengan 2 produk lainnya,
Ketahanan: sebenernya shade ini cantik banget untuk digunakan sehari-hari tapi karena cukup pricey untuk daya tahan yang dimiliki SMLC aku kurang berminat untuk menggunakannya sehari-hari untuk ngampus (ya elah di kampus mau ketemu siapa?!). Karena kan aku ngampus bisa seharian di kampus dan ga kelar-kelar ngelab (kapan lulusnya???) Dan setelah makan jangan terlalu berharap SMLC ini akan stay di bibir kamu, karna menurut aku ketahanannya kurang, jadi perlu dioleskan lagi kalau kamu sudah selesai makan.
  • L.A. GIRL Matte Pigment Gloss Shade Fleur



Price: sekitar 60-80 ribu (tergantung online shop nya ya)
Netto: 0,17 oz. (5 g)
Made in China
Ingridients: Hydrogenated Polyisobutene, Polybutene, Diisostearyl Malate, Ethylhexyl, Palmitate, BIS-Diglyceryl, Polyacyladipate-2, Ethylene/Propylene/Styrene Copolymer, Glyceryl Behenate/ Eicosadioate, Ricinus Communis Seed Oil/ Ricinus Communis (Castor) Seed Oil, Butylene /Ethylene/Styrene Copolymer, Dextrin Palmitate, Mica, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Caprylyl Glycol, 1,2-Hexanediol, Tocopheryl Acetate, Aroma (Flavor), Rosmarinus Officinalis Leaf Extract/ Rosmarinus Officinalis (Rosemary)Leaf Extract, Helianthus Annuus Seed Oil/ Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Ethyhexyl Salicylate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Silica, Pentaerythrityl Tetra-di-bu-tyl-Hyroxyhydrocinnamate, Tropolone, Talc, Tin Oxide, BHT. [+/- (May Contain): Titanium Dioxide (CI 77891), Iron Oxides (77491, CI 77492, CI 77492, CI 77499), Yellow 5 (CI 19140), Red 6 (CI 15850), Red 7 Lake (CI 15850), Red 28 Lake (CI 45410), Blue 1 Lake (CI 42090), Carmine (CI 75470)].
Where to buy: beberapa online shop (make sure online shop nya bener-bener trusted jual barang original ya!)
Tekstur: teksturnya lengket dan ga creamy seperti NYX SMLC, hasil akhirnya matte, tapi aku tidak suka dengan kekeringan yang disebabkan oleh lip matte ini kepada bibir ku, karna bikin bibir ku kering banget! Terlihat sekali garis-haris bibir ku, dan ini sangat menggangu penampilan pastinya. Salah satu yang dapat membedakan NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey dengan L.A. GIRL Matte Pigment Gloss Shade Fleur adalah L.A. Girl sedikit lebih creamy dibandingkan dengan NABI yang lebih cair. Sisanya yang membedakan adalah kemasan, aplikator, merek dan harga pastinya. Matte lip ini ga berbau, jadi buat yang cari matte lip yang wangi-wangi gitu, ini bukan solusinya. Tapi aku sendiri ga terganggu, aku penggila matte lip karna hasil akhirnya bukan wanginya atau apanya gitu. L.A. Girl ini kissproof loh tapi bisa dicuci dengan air jika kalian mengaplikasikannya ke tangan dan kalian lakukan pijatan.
Pigmentasi: L.A. GIRL Matte Pigment Gloss Shade Fleur ini lebih pigmented daripada NYX SMLC Stockholm, di bibir aku 1 kali ngeaplikasikan aja warnanya sudah keluar, warnanya mirip sekali dengan L NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey. Ketika aku oleskan ke kulit tangan ku di awal-awal masih terlihat perbedaannya karna L.A. Girl. Tidak cair sama sekali. Tetapi ketika aku aplikasikan ke bibir, hampir tidak terlihat perbedaan warnanya. Kedua shade ini amat sangat mirip. Aku sampai pangling bagaimana cara membedakan keduanya.
Ketahanan: ketahanan L.A. GIRL Matte Pigment Gloss Shade Fleur ini lebih long lasting daripada NYX SMLC Stockholm tapi sekali lagi aku hampir bingung membedakan ketahanan NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey dengan L.A. GIRL Matte Pigment Gloss Shade Fleur. Kedua-duanya butuh dioleskan kembali setelah makan, menurut ku. Tapi pengalaman ku L.A. Girl ini tidak seperti NABI yang memudar warnanya menjadi warna “lain” setelah makan/minum yang cukup berat.
  • NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey


Price: sekitar 30-50 ribu (tergantung online shop nya ya)
Netto: 0,29 oz. (9 g)
Made in China
Ingridients: Isododecane, Trimethylsiloxysilicate, Stearalkonium, Hectorite, Silica Dimethyl Sylilate, Propyl Paraben, BHA. May contain: Mica, Red no.6(Cl15850), Red no.7 CA(Cl15850:1), Yellow no. 5 AL(Cl19140), Blue no. 1 AL(Cl42090), Red no.22 AL(Cl 45380), Red no. 28 AL(Cl 45410, Titanium Dioxide (Cl 77891), Iron Oxide (Cl 77491, Cl 77492, Cl 77499)
Where to buy: beberapa online shop (make sure online shop nya bener-bener trusted jual barang original ya!)
Tekstur: dari kedua “pesaingnya”, NABI ini paling ‘cair’ dan ketika sudah diaplikasikan cukup lengket menurut ku, dan sangat berbeda teksturnya jika dibandingkan dengan NYX SMLC yang creamy, dan salah satu yang dapat membedakan NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey dengan L.A. GIRL Matte Pigment Gloss Shade Fleur adalah L.A. Girl sedikit lebih creamy dibandingkan dengan NABI yang lebih cair. Sisanya yang membedakan adalah kemasan, aplikator, merek dan harga pastinya. Sebenarnya disini kekurangan NABI yang amat menggangu ku, karna teksturnya yang cukup cair, sering nempel ke gigi ku (which is NYEBELIN BANGET KAN?! Apalagi buat yang mau jalan sama doi, ini sesuatu yang amat sangat harus diperhatikan) sebenarnya hasil akhirnya matte, tapi tidak membuat bibirku lebih percah-pecah jika dibandingkan dengan L.A. Girl. Aku suka wanginya, tidak bau sih menurut ku, jadi fine-fine saja dengan wanginya. Oh iya, NABI ini kissproof loh tapi bisa dicuci dengan air jika kalian mengaplikasikannya ke tangan dan kalian lakukan pijatan.
Pigmentasi: NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey ini lebih pigmented daripada NYX SMLC Stockholm, di bibir aku 1 kali ngeaplikasikan aja warnanya sudah keluar, warnanya mirip sekali dengan L.A. GIRL Matte Pigment Gloss Shade Fleur. Ketika aku oleskan ke kulit tangan ku di awal-awal masih terlihat perbedaannya karna Nabi lebih cair daripada L.A. Girl. Tapi ketika aku aplikasikan ke bibir, hampir tidak terlihat perbedaan warnanya. Kedua shade ini amat sangat mirip. Aku sampai pangling bagaimana cara membedakan keduanya.
Ketahanan: ketahanan NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey ini lebih long lasting daripada NYX SMLC Stockholm tapi sekali lagi aku hampir bingung membedakan ketahanan NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey dengan L.A. GIRL Matte Pigment Gloss Shade Fleur. Kedua-duanya butuh dioleskan kembali setelah makan, menurut ku, apalagi NABI jika warnanya sudah agak pudar, menurut ku kurang menarik, jadi jika ingin tetap terlihat warnanya perlu dioleskan kembali setelah makan.

NYX Soft Matte Lip Cream shade Stockholm
L.A. GIRL Matte Pigment Gloss Shade Fleur
NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey
Packaging
Travel friendly, Cantik, beda dari kebanyakan produk untuk bibir, tidak dapat melihat sudah berapa banyak yang terpakai.
Baik. Dapat melihat sudah berapa banyak yang terpakai.
Cukup baik
Aplikator
Baik
Cukup baik
Baik
Price
125.000 (konter NYX)
60-80 ribu (tergantung online shop)
30-50 ribu (tergantung online shop)
Netto
0,27 fl. Oz. 8 mL
0,17 oz. (5g)
0,32 oz./9 g
Ingridients
Paraben Free
Paraben Free
Containing Paraben
Tekstur
Creamy
Cukup Sticky, cepet kering
Sticky
Pigmentasi
Baik
Sangat baik
Sangat baik
Ketahanan
Cukup Baik
Baik (tanpa makan/minum)
Baik (tanpa makan/minum)

Repurchase?
Sebenarnya aku suka sama NABI Long Lasting Lipgloss – Shade Honey, ya ga mau munafik yah harga murah, pigmented, ketahanan oke, aplikator mirip NYX SMLC, but PARABEN nya ini loh yang membuat aku patah hati (NOTE: aku bukan orang yang paranoid sama paraben, tapi aku amat sangat meminimalisir penggunaanya, karna dibuku-buku referensi kuliah ku (contoh: handbook of pharmaceutical excipients 6th edition) bahkan di jurnal-jurnal yang aku baca, paraben diperbolehkan dalam kadar tertentu, namun tidak ada salahnya juga lebih berhati-hati dalam penggunaanya, karena beberapa studi sudah menjelaskan bahwa paraben ini merupakan zat yang mirip dengan estrogen) selain itu juga su NABI ini suka nempel di gigi -_- tbh, aku baik-baik aja dengan teksturnya yang agak lengket, jadi buat kalian yang ga suka pakai matte lip lengket,jangan yah. Aku memutuskan dengan berat hati untuk tidak me repurchase barang ini…
Buat yang bibirnya kering aku sarankan menggunakan lip balm atau lip butter sebelum menggunakan L.A. Girl, karna produk ini membuat bibir ku kering, which is… menyebalkan dan ga enak dilihat. Kemungkinan repurchase ada.
NYX SMLC ini idaman ku sebenarnya, ga bikin kering, paraben free, natural banget hasilnya, tapi cepat hilang dan a little bit to pricey menurut ku. Tapi overall aku si penggila matte lip pasti akan membeli NYX SMLC tapi shade yang lain.

Dissclaimer: semua yang aku tulis di post ini berdasarkan pengalaman pribadi ku, kecuali kutipan yang telah aku sebutkan dari mana aku mengutip kata-kata tersebut. Foto yang diupload pun koleksi pribadi ku, kecuali yang diberikan keterangan dari mana foto tersebut didapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar